Kamis, 10 Desember 2009

Perlu Kesabaran Saat Mendidik

bahwa proses belajar adalah proses perubahan yang dilakukan untuk mengkondisi diri sehingga sesuai dengan kondisi yang lingungan kehidupan. Belajar merupakan upaya adaptasi yang dilakukan agar terjadi kesimbangan antara diri dan lingkungan. Hal ini sangat penting sebab keberhasilan hidup tergantung seberapa berhasil kita beradaptasi dengan lingkungan kita.
Pada saat kita melakukan proses pendidikan, belajar, pada saat itu kita mencoba untuk mengubah kondisi anak didik. Padahal anak didik mempunyai konsep masing-masing untuk diri dan kehidupannya. Oleh karena itulah, kita harus dapat memberikan bimbingan yang benar-benar dapat diterima oleh anak didik. Artinya segala yang kita berikan kepada anak didik seharusnya dapat menjadi bagian integral dari anak didik.
Dan, salah satu kondisi yang perlu kita berikan pada saat membimbing anak untuk belajar adalah SABAR. Ya,kita harus sabar saat membimbing anak belajar.Hal ini karena kita sedang membimbing anak beradaptasi dengan lingkungan kondisi baru yang ada dilingkungannya. Jika kita tidak sabar,tentunya langkah anak didik terhambat oleh sikap kita sebagai gurunya.
Oleh karena itu,sebagai guru,kita harus mempunyai tingkat kesabaran yang tinggi agar anak didik kita benar-benar mengalami proses belajar yang proporsional.Apa jadinya anak anak jika ternyata guru guru tidak mempunyai tingkat keaabaran yang tinggi?
maka,bersabarlah para guru agar anak-anak kita menjadi orang-orang yang penuh kasih sayang.... kesabaran identik dengan kasih sayang....

Tidak ada komentar: