Senin, 21 Desember 2009

Mendidik dengan Hati

Mendidik adalah proses perbantuan bagi orang lain agar dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Mendidik adalah upaya sadar untuk melakukan perubahan mendasar pada anak sehingga tercapai satu kondisi terbaik bagi anak didiknya. Oleh karena itulah, maka hal terbaik yang harus kita lakukan agar proses tersebut dapat berlangsung baik dan berhasil adalah mendidik dengan hati.
Mendidik dengan hati berarti kita melakukan kegiatan dengan mengedepankan peranan hati. Bahwa setiap aspek yang dilakukan guru dalam proses pendidikan harus dilakukan dengan penuh perasaan dan tanggungjawab serta kesadaran atas peran masing-masing pihak.
Bagaimanapun yang sedang kita garap adalah sosok-sosok yang mempunyai sifat dan sikap berbeda sehingga hal tersebut seringkali menjadi pemicu dan pemacu benturan tak berarti.
Utamakan hati setiap kali kita melakukan proses sehingga anak didik merasa sebagai sosok penting, khususnya untuk dirinya sendiri agar mereka terpacu menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Guru harus mengedepankan peranan hati pada saat melakukan tugasnya, peranan hati identik dengan akal. Jadi terapkan akal setiap kali mendidik anak dan jauhkan dari OKOL yang seringkali menjadi penyebab beturan tak berarti..

Tidak ada komentar: