Kamis, 04 Desember 2008

Asyiknya Mengajar Anak SD

Rasanya setiap guru mempunyai pengalaman masing-masing saat melaksanakan tugasnya di kelas pembelajarannya. Begitu juga halnya dengan aku saat melaksanakan tugas di kelas.
Aku saat sekarang mengajar kelas V, kelas ini sudah aku bimbing sejak kelas IV. Sekolah kam memang menerapkan pola pembelajaran dengan sistem dampingi sejak kelas IV hingga mengantar anak kelas VI.
Rasanya dengan pola seperti ini proses pendidikan dan pembelajaran emnajdfi lebih ringan dan mudah. Aku merasakan bahwa dengan sistem mendamping anak sejak kelas IV dan mengantar hingga Kelas VI, merupakan langkah bagus agar anak berhasil.
Hal ini kuanggap baik sebab dengan cara seperti ini, kita jadi mengetahui setiap kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh anak-anak.
Setiap saat kita dapat melakukan kegiatan dengan skala prioritas yang sudah kita ketahui sebelumnya. Artainya, kita sudah mengetahui, anak-anak mana yang perlu mendapatkan perhatian ekstra, mana anak yang biasanya atau anak-anak yang dapat dipercaya untuk menjadi pendamping teman-temannya.
Dari kondisi terjelek saat aku terima anak-anak ini, saat mulai kuajar di kelas 3, terus terang saja, anak-anak ini termasuk dalam jalur lambat. banyak anak yang kualitas dirinya rendah, kurang mampu secara intelek maupun skillnya. dengan sabar aku coba bimbing mereka dan sekarang aku dapat melihat bahwa sebenaarnya mereka bukan anak yang lemah. mereka bukan anak yang lemah daya pikirnya. mereka hanya mebutuhkan bimbingan yang benar-benar proporsional untk tingkat kebutuhannya.
Sekarang mereka sudah termasuk anak-anak yang pandai sehingga SKM yang kustandarkan selalu dpat mereka capai dengan gemilang, apalagi ketika kuterapkan pohon prestasi dmana setiap anak dapat memberikan tanda khusus pada namanya setiap kali mendpaatkan nilai sempurna, maka mereka semakain semangat untuk mendapatkan nilai dan kualiats dri terbaik.
SAemoga hal ini terus sehingga mereka mudah saat mengikuti ujian di eklas VI nanti, Semoga saja!!

Tidak ada komentar: