Jumat, 18 Juli 2008

Wanita Sebagai Pelaku Karier

Perkembangan jaman dan tuntutan kehidupan menyebakan terjadinya perubahan dalam banyak aspek kehidupan. Setiap orang harus bersiap untuk menghadapi semua kondisi yang tersaji dalam kehidupan. Kondisi tersebut me-maksa kaum wanita harus ikut memikirkan kelangsungan hidup keluarganya.

Tuntutan kondisi jaman memang sangat berat bagi keluarga jaman sekarang, apalagi bagi mereka yang sudah menyekolahkan anak-anaknya, maka tuntutan menjadi semakin besar. Jika untuk menutup kebutuhan inihanya ber-gantung pada satu orangsaja, tentunya mereka sangat kesulitan, maka banyak yang memutuskan ikutmembantu suami mengumpulkan duit.

Para wanita-pun bergerak untuk mengembangkan diri untuk dapat berkiprah dalam kehidupan secara nyata. Mereka ingin tampil sebagai jati diri sendiri. Hal ini terkait dengan isue gender yang sudah sejak lama didengung-dengungkan, tetapi setiap tahun hasilnya selalu sama dan tidak dapat dilihat prosentase perubahannya. Bahkan sejak dahulu Krtini sudah mencanangkan adanya gerakan emansipasi wanita, yang dalam hal ini ingin mengkonisikan adanya kesetaraan antara wanita dan laki-laki dalam banyak hal secara propor-sional.

Untuk hal tersebut, maka para wanita menjawab dengan mengembang-kan diri dan berkiprah secara aktif di dalam sebuah kegiatan yang dinamakan karier. Para wanita berusaha untuk memunculkan eksistensi dirinya dengan secara aktif.

Dan, di dalam women’s activity ini, dicoba untuk semakin membangkit-kan kesadaran semua wanita tentang pentingnya kesetaraan gender sebagai salah sau bentuk jawaban terhadap kondisi global yang semakin hari semakin menjepit, khususnya pada mereak tidak siap menghadapi kondisi.

Dengan memposisikan diri sebagai wanita karier, maka setidaknya wanita telah mengambil peran aktif di dalam pembangunan manusia seutuhnya. Dengan posisi tersebut, maka setidaknya semua wanita mempunyai wahana untuk mengeluarkan uneg-uneg hatinya dan menyampaikannya secara ebbas di forum ini. Disinilah kita, kaumwanit mencoba untuk bergerak sebagaimana yangseharusnya ilakukan olehpara wanita dantidakasa menerima perlakuan yang diberikan kepada kita!

Ayo, kita tekadkan hati, tetapkan langkah menuju goal kehidupan, maka segaa aral kehidupan akan emnyingkir, apalagi jika para wanita sudah menempatkan diri sebagai wanita karier, memangnya kenapa tidak?! Sudah bukan saatnya lagi wanita hanya berada di tiga UR (sumUR, dapUR dan kasUR), wanitapun mempunyai kesempatan yang sama dalam berkiprah dalam kehidupan ini!

Tidak ada komentar: